Coral Reef Rehabilitation and Administration Software Jaga Kelestarian Sumber Daya Laut dan Pesisir

Bisnis.com, JAKARTA – Coral Reef Rehabilitation and Administration Application — Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) merupakan salah satu langkah Pemerintah Indonesia untuk menjaga kelestarian sumber daya laut dan pesisir.

Tak hanya itu, program ini juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pesisir pantai.

System yang diprakarsai Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) melalui Indonesia Climate Adjust Trust Fund (ICCTF) tersebut pertama kali diinisiasi pada 1998.

Fase pertama atau inisiasi plan tersebut dilakukan pada 1998-2004.

Fase ini bertujuan untuk mengembangkan landasan berupa facts guna menyusun kerangka kerja untuk pengelolaan terumbu karang di daerah prioritas.

Kemudian, fase kedua atau percepatan dilakukan pada 2004-2011. Fase ini dilakukan dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang mendukung pengelolaan secara berkelanjutan terumbu karang dan ekosistem terkait.

Fase ketiga atau pelembagaan dilakukan pada 2014 hingga sekarang. Fase ini bertujuan untuk membangun kelembagaan guna memonitor ekosistem pesisir dan penelitian untuk menghasilkan knowledge berbasis informasi pengelolaan sumber daya serta meningkatkan efektifitas pengelolaan ekosistem pesisir prioritas.

Dalam perjalanannya, pendanaan COREMAP-CTI bersumber dari dana hibah World wide Environmental Facility (GEF) yang dikelola oleh Globe Financial institution (WB) dan Asian Advancement Lender (ADB).

Setelah berlangsung selama 24 tahun, diseminasi capaian COREMAP-CTI dilakukan pada Rabu (11/5/2022) di Jakarta Pusat.

Kegiatan yang ditujukan untuk menyebarluaskan informasi kepada publik mengenai pembelajaran terkait pelestarian terumbu karang dan capaian COREMAP-CTI tersebut diharapkan dapat menjadi contoh product yang bisa direplikasi oleh wilayah lainnya.

Kegiatan diseminasi capaian COREMAP-CTI dihadiri narasumber kunci yakni Direktur Kelautan dan Perikanan Bappenas Dr.Ir. Sri Yanti J.S., MPM dan Direktur Eksekutif ICCTF Dr. Tonny Wagey.


Simak Video Pilihan di&#13
Bawah Ini :

Konten Quality

Masuk / Daftar


Management