Pemanfaatan Teknologi Informasi Terkini Bantu UKM Meraih Kesuksesan

Pemanfaatan Teknologi Informasi Terkini Bantu UKM Meraih Kesuksesan

Teknologi informasi identik dengan berbagai kemudahan dalam kehidupan sebagai dampak ditemukannya sarana dan prasaran teknologi terbaru. Berbicara soal alat teknologi informasi terkini tentunya sudah menjadi basi karena masyarakat luas telah terbiasa menggunakan dan bersinggungan dengan berbagai peralatan berbasis teknologi. Namun banyak orang yang tidak sadar bahwa pemanfaatan teknologi informasi sangatlah membantu para UKM untuk meraih kesuksesan. Mengapa demikian?

Pada awalnya, para pelaku UKM hanya bisa membidik konsumen dalam skala kecil karena memang tidak mampu bersaing secara regional atau global. Misalnya saja adanya sebuah usaha jajanan atau makanan ringan, tentu saja hanya ingin mendapatkan pelanggan dari orang sekitar karena tentunya tidak mampu bersaing dengan restoran cepat saji yang kelas dunia.

Namun berkat dikembangkannya teknologi informasi masa kini, semua pelaku usaha memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Misalnya saja untuk sebuah pelaku UKM yang bergerak dalam bidang kuliner dan membuat usaha burger. Pelaku UKM tersebut saat ini bisa dengan mudahnya bersaing dengan burger yang berasal dari perusahan besar. Berbagai kegiatan terkait promosi kini telah mudah dan murah untuk dilakukan. Misalnya saja dengan bersaing dimedia sosial, bersaing di mesin pencarian, memasang iklan di internet, dan sebagainya.

Bidang kuliner ternyata juga membantu perkembangan teknologi apalagi dibantu dengan ojek online

Tidak hanya itu, dalam bidang kuliner kini sangat dibantu dengan adanya aplikasi-aplikasi yang menyediakan informasi pesan makanan secara online. Baik pengusaha kuliner kelas kakap maupun pengusaha yang masih tergolong mikro, kini memiliki peluang yang sama karena bisa bersaing di aplikasi online. Tanpa disadari, banyak orang yang kini tidak lagi terlalu fanatik dengan brand restoran atau kafe yang besar lantaran banyak pelaku UKM yang bisa menghadirkan kelezatan yang sama.

Jika sama-sama mendapatkan kesempatan untuk bisa bersaing secara online diaplikasi pesan makanan, tentu saja pelaku UKM bisa berharap makanan atau minuman yang dijual dapat dikenal luas dan diburu oleh banyak orang. Terlebih lagi, saat ini tidak hanya ada aplikasi pesan makanan yang berbasis ojek online namun juga terdapat beberapa aplikasi lainnya yang dapat dimanfaatkan para pelaku UKM. Semakin banyaknya platform pengembangan teknologi informasi, semakin besar pula kesempatan pelaku UKM untuk sukses.

Cerita yang sama juga terjadi pada pelaku UKM dibidang selain kuliner. Misalnya saja untuk para pengrajin kerajinan tangan, usaha konveksi rumahah, dan sebagainya. Tidak ada lagi hambatan untuk siapapun berdagang lantaran terbuka lebarnya akses untuk mengiklankan produk apapun dengan cara online. Yang paling membantu dengan para pelaku UKM dibidang non-kuliner adalah adanya berbagai website situs jual beli atau e-commerce yang dapat dimanfaatkan sebagai toko online para pelaku UKM.

Menayangkan iklan atau membuka lapak online diberbagai situs tersebut pun sangatlah mudah dan tidak dipungut biaya. Sehingga, biaya promosi bisa sangat murah dan bahkan bisa jadi tidak perlu menyiapkan dana promosi. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi para pelaku usaha mikro dan pelaku usaha kecil yang umumnya memiliki modal finansial terbatas.

Selain itu, ada juga satu jenis UKM lainnya yang juga terbantu dengan pemanfaatan teknologi informasi terkini. Pelaku yang dimaksud adalah pengusaha homestay kecil-kecilan. Mereka dapat bersaing bahkan dengan hotel besar dalam hal pemberian tempat menginap bagi para pendatang dan wisatawan. Hanya dengan bermodal ponsel pintar, aplikasi yang mendukung dan koneksi internet, para pemilik homestay bisa meraup keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *