Perkembangan Komputer Dari Masa ke Masa

Perkembangan Komputer Dari Masa ke Masa

Kata komputer awalnya digunakan untuk menyebutkan sesorang yang mampu melakukan perhitungan aritmatika dengan baik. Sesuai dengan asal katanya yang berasal dari bahasa Latin yaitu computare. Computare memiliki arti yaitu menghitung.

Anda pernah mendengar kata sempoa? Sempoa atau abacus merupakan suatu alat untukmembantu seseorang dalam melakukan penghitungan. Cara penggunaannya unik, yaitu dengan menggeser manik-manik atau kayu yang telah disusun dalam rak. Sempoa awalnya ditemuka di China sekitar 5000 tahun lalu, yang hingga saat ini masih digunakan di beberapa tempat. Sempoa inilah yang dianggap sebagai salah satu awal mula munculnya komputer.

Rawannya keslaahan saat melakukan penghitungan menggunakan sempoa ini memicu Charles Babbage yang juga merupakan seorang matematikawan yang sangat cerdas untuk menemukan mesin yang dapat melakukan perhitungan persamaan diferensial yang kemudian berhasil dikembangan pada tahun 1822, yang selanjutnya disebut sebagai mesin diferensial.

Mesin diferensial ini pertama kali bekerja dengan menggunakan tenaga uap. Mesin tersebut mampu menyimpan program-program, serta mampu melakukan proses kalkulasi atau perhitungan serta mencetak hasil tersebut secara otomatis.kemudian pada 10 tahun berikutnya Charles Babbage membuat komputer multifungsi pertama yang pada kemudian hari disebut sebagai Annalytical Engine. Charles kemudian dinobatkan sebagai bapak komputer modern atas penemuannya tersebut.

Isnsinyur dari Havard Howard Aiken Berhasil Memproduksi ASCC

Setelah 70 tahun penemuan komputer tersebut, muncul seorang insinyur dari Harvard yaitu Howard Aiken yang bekerjasama dengan perusahaan IBM. Mereka berhasil memproduksi Automatic Sequence Controlled Calculator ( ASCC ). Kalkulator elektronik pertama ini memiliki ukuran sebesar setengah lapangan bola dengan panjang kabel mencapai 500 mil.

Automatic Sequence Controlled Calculator ( ASCC ) ini bekerja dengan menggunakan bantuan sinyal elektromagnetik guna menggerakkan komponen mekanik. Meskipun kinerjanay lambat, yaitu membutuhkan 3 sampai 5 detik dalam setiap perhitungannya, tetapi Automatic Sequence Controlled Calculator ( ASCC ) ini telah mampu menyelesaikan perhitungan yang lebih kompleks dari persamaan aritmatika dasar.

Perkembangan teknologi komputer dibagi dalam beberapa generasi, yaitu mulai generasi I hingga generasi IV. Perkembangan ini memkana waktu yang cukup panjang, hingga akhirnya komputer bisa kita lihat seperti sekarang ini. Sebelumnya komputer generasi pertama memiliki ukuran yang sangat besar. Walaupun komputer memang tidak bisa dipisahkan dari CPU hingga saat ini dan sulit dibawa kemana-mana ( kecuali laptop ), namun komputer saat ini menjadi perwujudan perkembangan teknologi yang pesat dan semakin memadai dari hari ke hari.

Semakin hari komputer terlihat semakin efisien, juga semakin mudah dalam penggunaannya. Kita bisa menyelesaikan berbagai problem baik itu perhitungan, penulisan, pengeditan, bahkan berselancar di jejaring internet hanya dengan berhadapan di depan satu komputer saja.

Bagaimana tanggapan kalian terhadap perkembangan komputer sendiri? Apakah makin efisien ataukah malah semakin sulit dipahami? Tentu perkembangan teknologi tersebut semakin membantu seseorang dalam menjalankan segala kepentingannya. Memang terkadang terlalu canggihnya suatu teknologi dapat membuat kita malah sulit mengikutinya, namun disinilah tantangannya kita untuk mengikuti perkembangan zaman dan menjadi generasi yang tidak gagap teknologi.