Sejarah Pendiri McDonald’s Ray Kroc Yang Jarang Orang Ketahui

Sejarah Pendiri McDonald's Ray Kroc Yang Jarang Orang Ketahui

Kalian tentu pernah membeli makanan dengan label McDonald bukan? Nah McDonald’s merupakan makanan enak yang mulai terkenal di era 80’an. McDonald’s juga saat itu menjadi booming dan banyak sekali orang mengomentari makanan ini dengan review yang cukup bagus. Restoran masakan ayam ini sekarang menjadi restoran kaliber dunia dengan penggemar terbanyak di seluruh dunia.

Testimonial bagi makanan McDonald’s cukup terbilang memuaskan konsumennya. Apalagi dulu McDonald’s bersaing ketat dengan pendiri KFC. Seiring berjalannya waktu ternyata perusahaan McDonald’s memiliki sejarahnya loh. Penasaran dengan sejarahnya bukan? Nah disini akan kami kupas tuntas seperti cerita dibawah ini.

Berikut di bawah ini sejarah McDonald’s

Ray Kroc adalah pendiri McDonald’s dan ini sejarah sebagai seorang Ray Kroc. Di tahun 1917 saat itu Ray Kroc merupakan awal dari terbentuknya sejarah McDonald. Ray Kroc awalnya adalah pekerja sebagai supir ambulans PM (Palang Merah) saat tahun 1917. Pada saat itu Ray Kroc sebenarnya belum pantas terjun ke dalam medan perang karena usianya saat itu baru beranjak 15 tahun.

Memasuki tahun 1945 Ray terkejut lewat pesanan yang datang dalam jumlah banyak sekitar 8 multi pesanan yang datang dari restoran saat itu bernama San Bernadino terletak di California. Pada saat itulah di tahun tersebut Ray menemukan restoran yang terbilang cukup maju dan sukses, pada saat itu restoran tersebut di pimpin oleh Dick dan Mac McDonald.

Ditahun 1955, Ray berbicara perasaannya terhadap pemimpin restoran Dick dan Mac McDonald’s secara serius. Ray mengungkapkan jika dirinya mempunyai visi untuk membantu membuka cabang restoran yang berlabel McDonald’s datang dalam penjuru benua Amerika. Saat itulah tahun 1955 menjadi tahun dimana Ray membangun McDonald’s Corporation.

Di tahun yang sama pula Ray merupakan motivator wirausaha yang sangat sukses. Ray sangat memiliki pribadi yang sangat pekerja keras dan menjungjung tinggi jiwa wirausahawan. Terlihat Ray mendapatkan banyak sekali penghargaan yang dimenangkannya. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang diberikan oleh franchisee atas ketangguhan kreatifitas mereka. Dan saat itulah puncaknya di tahun 1960 Ray berhasil mendapatkan merek ekslusif pertamanya yaitu McDonald’s.

ray kroc

Tahun 1961 Ray resmi membangun program tempat pelatihan untuk siapa saja yang ingin berlatih. Tempat pembangunan yang dibangun oleh Ray akhirnya diberikan nama sebagai Hamburger University. Hamburger University saat itu terletak di dekat restoran baru, Elk Grove Villages, Illinois.

Terus berkembang akhirnya McDonald’s semakin dikenal

Terus berkembang dan membuat nama label Mc Donald’s semakin terkenal. Membuat perusahaan Ray saat itu di tahun 1964 telah berhasil menjual sekitar 100 jt hamburger. Hal ini tentu tidak lepas dari berawalnya tekad kuat Ray atas ide untuk membuka berbagai jaringan restoran di seluruh benua Amerika. Serta kualitas yang tinggi serta konsisten dalam membangun produksi membuat Ray dapat terus maju.

Setelah lama merintis dunia kuliner Ray yang terkenal dan menjadi tokoh legenda ini meninggal dunia di tahun 1984 tepatnya pada tanggal 14 Januari 1984. Beliau selalu mengabdi penuh terhadap perusahaan yang telah dia rintis sejak pertama kali tersebut. Ray dikenal sebagai orang pekerja keras dengan semangat juang yang tinggi.

Beliau hingga sampai akhir ajal menjemputnya selalu memberikan royalitas yang tinggi. Terlihat Ray meski sedang sakit di kursi roda pun, beliau masih mampu terus bekerja hingga sampai pengabdian terakhirnya masih tetap bekerja atas perusahaan yang sudah dia kembangkan sendiri sejak awal.

Begitu lah kehidupan dari tokoh legenda sang pendiri McDonald’s Ray Kroc. Beliau sangat sungguh dikenang dan dikenal di masyarakat luas. Ray juga memberikan semangat pada bibit baru agar terus berjuang dan mengabdi sampai akhir hayat menjemput.

1 thought on “Sejarah Pendiri McDonald’s Ray Kroc Yang Jarang Orang Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *